APLIKASI ANDROID YANG BERGUNA BAGET BUAT MAHASISWA 2020

Sebagai mahasiswa memang sudah tidak asing lagi dengan tugas-tugas yang menumpuk, deadline, belum lagi banyak materi yang harus dipelajari sendiri. Manajemen memiliki peran penting nih disini, mulai dari catatan untuk kuliah, waktu, dan sebagainya. Kabar baiknya banyak aplikasi yang dapat diunduh di android yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah kebutuhan-kebutuhan kuliah. apalagi sekarang hampir setiap mahasiswa pasti punya smartphone, rasanya rugi kalau tidak memanfaatkannya untuk menunjang aktivitas akademik. Lalu apa saja aplikasi smartphone yang bisa mendukung kalian dalam beraktivitas sebagai mahasiswa di kampus? Berikut aplikasi-aplikasi android di smartphone yang berguna banget bagi para mahasiswa. note: tidak berurutan (pengting-tidak penting), bagiku semuanya penting hehe..

1. Microsoft Office

Selain di PC, aplikasi microsoft office juga ada loh di play store. aplikasi yang paling aku pakai microsoft word, power point, dan excel. Disini kamu bisa buka file-file yang disave dari PC, juga bisa buat dan edit file kalau lagi males buka laptop/ga bawa laptop, jadi lebih praktis kan... 

2. Social media app

Aplikasi-aplikasi sosial media yang paling membantu menurutku line, whatsapp, dan instagram. line dan wa bisa digunakan untuk diskusi dan mengumumkan pengumuman-pengumuman penting, juga memudahkan untuk tugas-tugas kelompok. Instagram bisa jadi ladang info-info menarik yang update.

3. CamScanner

Sering kali dosen meminta kalian untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk softcopy. Dokumen tersebut biasanya akan beliau minta untuk dikirimkan via email atau pada google classroom. Dengan aplikasi ini, kalian bisa dengan mudah melakukan scan dokumen hardcopy ke dalam bentuk softcopy. Hasilnya bagus kok kayak scanner biasa dan banyak pilihan untuk effectnya, bisa memperjelas hasilnya juga.

4. Google Drive

Sebagai seorang mahasisiwa sangat membutuhkan penyimpanan data dalam jumlah yang cukup besar. Mulai dari menyimpan berbagai dokumen tugas, foto kalian bersama teman-teman satu angkatan, sampai file suara saat kalian sedang latihan dengan organisasi. Oleh karena itu, Google Drive bisa dijadikan untuk menyimpan berbagai data penting yang kalian miliki selama kuliah. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar kalian bisa menyimpan berbagai jenis file disini tanpa harus memusingkan tentang biaya penyimpanan. keamanannya pun terjamin.

5. Google Translate



Tentunya, sudah tidak heran dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang canggih besutan Google ini ternyata marak di dunia. Tak heran menjadi aplikasi andalan dari tiap sudut penjuru dunia untuk dapat saling mengerti Bahasa-bahasa yang ada di dunia. Aplikasi ini dapat diunduh langsung, dan tentunya menggunakan fasilitas internet. Setelah mengunduh, anda dapat langsung memasangnya kedalam perangkat dan kerennya, aplikasi yang satu ini sudah dapat dijalankan tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Nah, bagi para pelajar, pasti sangat bermanfaat untuk aplikasi yang satu ini. Baca juga: Aplikasi yang Paling Banyak Digunakan di Dunia.

6. Google Classroom


Aplikasi ini juga merupakan besutan Google. Bermanfaat untuk membantu para pelajar dalam membantu kegiatan belajar mereka. Fungsinya supaya tiap pelajar dapat saling terhubung layaknya didalam kelas dan kegiatan belajar dapat dilangsungkan dengan aplikasi ini. Dilengkapi dengan fitur pengaturan kelas, sangat berguna untuk menghemat waktu para dosen/pengajar untuk memantau serta memeriksa kegiatan dalam belajar mengajar seperti memeriksa jawaban ujian, memeriksa PR. Sengaja dirancang untuk memudahkan para pelajar dan pengajar berkomunikasi dengan waktu yang efisien. Sayangnya, aplikasi ini tersedia hanya bagi sekolah yang telah setuju dan menyediakan fasilitas Google Classroom sebagai penunjang kegiatan edukasi

7. Evernote

Aplikasi ini bagaikan 'diary' digital buat kamu. Di aplikasi ini kamu bisa menulis apapun yang kamu mau. Mulai dari catatan kuliah sampai cerita curhatan keseharianmu. Kerennya lagi, kamu bisa menyisipkan foto dan rekaman suara ke dalam catatanmu. Mulai sekarang kayaknya kamu bisa memikirkan untuk menyisihkan catatan kertas konvensional.

8.Puzzle Alarm Clock

Ini aplikasi cocok banget buat para mahasiswa yang susah bangun pagi. Apalagi bagi kamu yang sudah ahli mematikan alarm tanpa sadar. Dengan aplikasi ini kamu nggak bakal bisa matikan alarm seenaknya, karena akan ada tantangan untuk mengerjakan puzzle-puzzle yang bisa kamu pilih ketika mengatur alarmnya untuk menonaktifkan alarm yang berbunyi. Sebenarnya juga ada app alarm yang ditantang ngerjain soal matematika, tapi pusing banget ga sih baru bangun disuruh ngerjain matematika karena alarm bunyi terus wkwk

9. RAR

Mengapa aplikasi RAR dimasukan ke dalam salah satu daftar aplikasi untuk menunjang produktivitas anak sekolah? Sebab, dengan aplikasi RAR, anak sekolah bisa dengan mudah mengompres dokumen pelajaran, baik dari format RAR ke bentuk dokumen ataupun sebaliknya.
Karena banyaknya dokumen pelajaran terkadang membuat file menjadi berantakan. Belum lagi jika para pelajar saling tukar catatan dalam bentuk dokumen, tidak mungkin mereka mengirimkan dokumen satu persatu

10. Brain Wars

Habis ngerjain kuliah, tugas, dll pasti butuh juga refreshing. Game ini seru loh bisa melatih otak, refleks sekaligus kecepatan dalam berpikir, mengambil keputusan, hingga ketepatan jemari dalam menjawab tantangan yang diberikan. Kalian bisa bermain dengan teman secara real-time dengan menambahkan mereka berdasarkan ID game Brain Wars mereka, maupun bermain secara acak melawan pengguna lain dari seluruh dunia. Karena kalian bisa memilih bendera negara asal, maka pertandingan ini tak ubah layaknya “membawa nama negara”!
Sambil nunggu dosen bisa deh sambil main

Nah, itu dia app di android yang menurutku berguna banget untuk mahasiswa, semoga bermanfaat ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT HIDUP MENJADI LEBIH MENARIK, LAKUKAN YANG INGIN ANDA LAKUKAN (LIFE CHALLENGE)